Konsep Dan Perencanaan Model Bisnis

Sebuah model bisnis menggambarkan pemikiran tentang bagaimana sebuah organisasi menciptakan, memberikan, dan menangkap nilai (bentuk ekonomi, sosial, budaya, atau nilai). Proses konstruksi model bisnis merupakan bagian dari strategi bisnis .

Dalam teori dan praktek model bisnis jangka digunakan untuk berbagai deskripsi informal dan formal untuk mewakili aspek-aspek inti dari bisnis , termasuk tujuan, penawaran, strategi, infrastruktur, struktur organisasi, praktik perdagangan, dan proses operasional dan kebijakan. Literatur telah memberikan penafsiran yang sangat beragam dan definisi dari model bisnis. Sebuah tinjauan sistematis dan analisis tanggapan manajer untuk survei mendefinisikan model bisnis sebagai desain struktur organisasi untuk memberlakukan kesempatan komersial. Selanjutnya ekstensi untuk desain logika ini menekankan penggunaan narasi atau koherensi dalam deskripsi model bisnis sebagai mekanisme yang pengusaha membuat perusahaan pertumbuhan luar biasa sukses.

Setiap kali sebuah bisnis yang didirikan, baik secara eksplisit maupun implisit menggunakan model bisnis tertentu yang menggambarkan arsitektur penciptaan nilai, pengiriman, dan mekanisme pengambilan dipekerjakan oleh perusahaan bisnis. Inti dari model bisnis adalah bahwa ia mendefinisikan cara dengan mana perusahaan bisnis memberikan nilai kepada pelanggan, pelanggan membujuk untuk membayar nilai, dan mengubah pembayaran tersebut untuk keuntungan: itu sehingga mencerminkan hipotesis manajemen mengenai apa yang pelanggan inginkan, bagaimana mereka menginginkannya , dan bagaimana suatu perusahaan dapat mengatur terbaik untuk memenuhi kebutuhan tersebut, dibayar untuk melakukannya, dan membuat keuntungan.

Model bisnis yang digunakan untuk menggambarkan dan mengklasifikasikan usaha (terutama dalam pengaturan kewirausahaan), tetapi mereka juga digunakan oleh manajer dalam perusahaan untuk mengeksplorasi kemungkinan untuk pengembangan di masa mendatang. Juga, model bisnis terkenal beroperasi sebagai resep bagi manajer kreatif. Model Bisnis juga disebut dalam beberapa kasus dalam konteks akuntansi untuk tujuan pelaporan publik.

Sejarah

Selama bertahun-tahun, model bisnis telah menjadi jauh lebih canggih. Bisnis umpan dan hook model (juga disebut sebagai “ pisau cukur dan model pisau bisnis ”atau” model terikat produk bisnis “) diperkenalkan di awal abad 20. Ini melibatkan menawarkan produk dasar dengan biaya yang sangat rendah, sering bingung (“umpan”), kemudian pengisian jumlah berulang kompensasi untuk isi ulang atau produk atau jasa terkait (“hook”). Contoh meliputi: pisau cukur (umpan) dan pisau (hook), ponsel (umpan) dan waktu udara (hook), komputer printer (umpan) dan kartrid tinta isi ulang (hook), dan kamera (umpan) dan mencetak (hook). Sebuah varian dari model ini adalah Adobe , pengembang perangkat lunak yang memberikan jauh pembaca dokumen yang gratis tetapi biaya beberapa ratus dolar untuk penulis dokumennya.

Pada tahun 1950, model bisnis baru berasal dari McDonald Restoran dan Toyota . Pada tahun 1960, para inovator adalah Wal-Mart dan Hypermarket . Pada 1970-model bisnis baru dari FedExdan Toys R Us , tahun 1980-an dari Blockbuster , Home Depot , Intel , dan Dell Computer , tahun 1990-an dari Southwest Airlines , Netflix , eBay , Amazon.com , dan Starbucks .

Saat ini, jenis model bisnis mungkin bergantung pada bagaimana teknologi digunakan. Misalnya, pengusaha di internet juga telah menciptakan model yang sama sekali baru yang bergantung sepenuhnya pada teknologi yang ada atau muncul. Menggunakan teknologi, bisnis dapat mencapai sejumlah besar pelanggan dengan biaya minimal.

wawasan teoritis dan empiris untuk model bisnis

Desain Logika dan Koherensi Narasi

Logika desain memandang model bisnis sebagai hasil dari menciptakan struktur organisasi baru atau mengubah struktur yang ada untuk mengejar kesempatan baru. Gerry George dan Adam Bock (2011) melakukan kajian literatur yang komprehensif dan manajer yang disurvei untuk memahami bagaimana mereka dianggap komponen bisnis Model. Dalam analisis itu, para penulis menunjukkan bahwa ada logika desain belakang bagaimana pengusaha dan manajer memahami dan menjelaskan model bisnis mereka. Dalam ekstensi lebih lanjut untuk logika desain, George dan Bock (2012) studi kasus penggunaan dan data survei IBM pada model bisnis di perusahaan besar untuk menggambarkan bagaimana CEO dan pengusaha menciptakan narasi atau cerita dengan cara yang koheren untuk memindahkan bisnis dari satu kesempatan untuk lain. Mereka juga menunjukkan bahwa ketika narasi yang koheren atau komponen cerita yang sejajar bahwa bisnis ini cenderung gagal. Mereka merekomendasikan cara-cara di mana pengusaha atau CEO dapat menciptakan narasi yang kuat untuk perubahan.

Bisnis Model 2.0

Chen (2009) menunjukkan bahwa model bisnis di abad kedua puluh satu harus memperhitungkan kemampuan Web 2.0 , seperti kecerdasan kolektif, efek jaringan, konten pengguna yang dihasilkan, dan kemungkinan diri memperbaiki sistem. Dia menyarankan bahwa industri jasa seperti lalu lintas, penerbangan, transportasi, hotel, restoran, Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Online industri game akan dapat manfaat dalam mengadopsi model bisnis yang memperhitungkan karakteristik Web 2.0. Dia juga menekankan bahwa Bisnis Model 2.0 memiliki memperhitungkan bukan hanya efek teknologi Web 2.0, tetapi juga efek jaringan. Dia memberi contoh kisah sukses Amazon dalam membuat keuntungan besar setiap tahun dengan mengembangkan platform terbuka penuh sesak nafas yang mendukung komunitas besar dan berkembang dari perusahaan yang menggunakan kembali Amazon On Demand layanan perdagangan.

melengkapi model bisnis antara perusahaan kemitraan

Mempelajari penelitian kolaboratif dan pengaksesan sumber eksternal teknologi, Hummel et al. (2010) menemukan bahwa dalam menentukan mitra bisnis, penting untuk memastikan bahwa model bisnis kedua belah pihak saling melengkapi. Sebagai contoh, mereka menemukan bahwa itu adalah penting untuk mengidentifikasi driver nilai dari mitra potensial dengan menganalisis bisnis mereka model, dan bahwa itu adalah menguntungkan untuk menemukan perusahaan mitra yang memahami aspek-aspek kunci dari model bisnis perusahaan kita sendiri.

Aplikasi

Malone et al. di MIT menemukan bahwa model bisnis tertentu, seperti yang didefinisikan oleh mereka, memang dilakukan lebih baik daripada yang lain dalam dataset yang terdiri dari perusahaan-perusahaan terbesar AS, pada periode 1998 sampai 2002, sementara mereka tidak membuktikan apakah keberadaan dari model bisnis penting.

Dalam konteks Cluster Software-, yang didanai oleh Kementerian Federal Jerman untuk Pendidikan dan Penelitian, sebuah model bisnis penyihir untuk perusahaan perangkat lunak telah dikembangkan. Ini mendukung desain dan analisis model bisnis software. Konsep yang mendasari alat dan data yang diterbitkan dalam publikasi ilmiah yang beragam.

Konsep model bisnis telah dimasukkan ke tertentu akuntansi standar. Sebagai contoh, Akuntansi Internasional Dewan Standar (IASB) menggunakan “model bisnis entitas untuk mengelola aset keuangan” yang sebagai kriteria untuk menentukan apakah aset tersebut harus diukur pada biaya perolehan diamortisasi atau nilai wajar di perusahaan keuangan instrumen standar akuntansi, IFRS 9 .Setidaknya dua anggota berbasis di AS Dewan Standar Akuntansi Keuangan (FASB) telah menyatakan posisi bahwa model bisnis suatu entitas harus digunakan sebagai kriteria untuk klasifikasi keuangan kewajiban. [15] Konsep model bisnis juga telah diperkenalkan ke dalam akuntansi pajak tangguhan di bawah Standar Pelaporan Keuangan Internasional dengan 2010 amandemen IAS 12 menangani pajak tangguhan yang berhubungan dengan properti investasi.

Kedua IASB dan FASB telah mengusulkan menggunakan konsep model bisnis dalam konteks pelaporan lessor sewa pendapatan dan beban sewa dalam proyek bersama mereka pada akuntansi sewa. Konsep ini juga telah diusulkan sebagai Pendekatan untuk menentukan pengukuran dan klasifikasi ketika akuntansi untuk kontrak asuransi . Sebagai hasil dari keunggulan meningkatkan konsep model bisnis telah menerima dalam konteks pelaporan keuangan, Keuangan Eropa Pelaporan Advisory Group (EFRAG), yang memberikan konsultasi kepadaUni Eropa atas dukungan dari standar pelaporan keuangan, memulai sebuah proyek di “Peran Model Bisnis dalam Pelaporan Keuangan” pada tahun 2011.

Contoh model Bisnis

Dalam sejarah awal model bisnis itu sangat khas untuk menentukan jenis model bisnis seperti batu bata-mortir dan-atau e-broker. Namun, jenis biasanya menggambarkan hanya satu aspek bisnis (paling sering model pendapatan). Oleh karena itu, sastra yang lebih baru pada model bisnis berkonsentrasi pada menggambarkan model bisnis secara keseluruhan, bukan satu aspek yang paling terlihat.

The exampless berikut memberikan gambaran untuk jenis model bisnis berbagai yang telah dalam diskusi sejak penemuan model bisnis jangka:

Bata dan model bisnis klik
Model bisnis dimana sebuah perusahaan terintegrasi baik secara offline (batu bata) dan online (klik) kehadiran. Salah satu contoh dari model bata-dan-klik adalah ketika jaringan toko memungkinkan pengguna untuk memesan produk secara online, tetapi membiarkan mereka mengambil pesanan mereka di sebuah toko lokal.
Kolektif model bisnis
Bisnis organisasi atau asosiasi biasanya terdiri dari jumlah relatif besar dari bisnis , tradespersons atau profesional di bidang yang sama atau terkait usaha, yang kolam sumber daya, informasi saham atau memberikan manfaat lain bagi anggotanya.
Menggunting perantara Model
Penghapusan perantara dalam rantai pasokan : “memotong perantara”. Alih-alih melalui saluran distribusi tradisional, yang memiliki beberapa jenis menengah (seperti distributor , grosir , broker, atau agen ), perusahaan sekarang dapat menangani setiap pelanggan secara langsung, misalnya melalui internet.
Langsung penjualan model
Penjualan langsung adalah pemasaran dan penjualan produk kepada konsumen secara langsung, jauh dari lokasi eceran tetap. Penjualan biasanya dilakukan melalui rencana partai , satu-ke-satu demonstrasi, dan lain pengaturan kontak pribadi. Definisi buku teks adalah: “. Presentasi pribadi langsung, demonstrasi, dan penjualan produk dan jasa kepada konsumen, biasanya di rumah mereka atau di pekerjaan mereka”
Distribusi model bisnis , berbagai
Biaya dalam, keluar bebas
Model bisnis yang bekerja dengan pengisian klien pertama biaya untuk layanan, sementara menawarkan bahwa layanan gratis kepada klien berikutnya.
Monopoli
Waralaba adalah praktek menggunakan model bisnis yang sukses lain perusahaan. Untuk pemilik waralaba, waralaba adalah sebuah alternatif untuk ‘toko rantai’ bangunan untukmendistribusikan barang dan menghindari investasi dan kewajiban atas rantai. Keberhasilan franchisor adalah keberhasilan dari franchisee. Franchisee ini dikatakan memiliki insentif yang lebih besar daripada karyawan langsung karena ia memiliki kepentingan langsung dalam bisnis.
Freemium model bisnis
Model bisnis yang bekerja dengan menawarkan layanan Web dasar, atau produk digital dasar download, gratis, sementara pengisian premium untuk fitur-fitur canggih atau khusus.
Contoh lain dari model bisnis adalah:

Lelang model bisnis
All-in-one model bisnis
Kimia Leasing
Rendah-cost carrier model bisnis
Loyalitas model bisnis
Monopoli model bisnis
Multi-level marketing model bisnis
Jaringan efek model bisnis
Lelang online model bisnis
Konten online model bisnis
Premium model bisnis
Profesional open source Model
Piramida skema bisnis model
Razor dan model pisau bisnis
Servitization model bisnis produk
Berlangganan model bisnis

kerangka Model bisnis

Teknologi masyarakat sentris telah didefinisikan “kerangka kerja” untuk pemodelan bisnis. Kerangka ini berusaha untuk menentukan pendekatan yang ketat untuk mendefinisikan stream nilai bisnis. Tidak jelas, bagaimanapun, sampai sejauh mana kerangka tersebut sebenarnya penting untuk perencanaan bisnis. Berikut ini beberapa kerangka diperkenalkan.

Bisnis model referensi
Bisnis model referensi adalah model referensi, berkonsentrasi pada arsitektur aspek bisnis inti dari sebuah organisasi, perusahaan jasa atau instansi pemerintah.
Komponen model bisnis
Teknik yang dikembangkan oleh IBM untuk model dan menganalisis suatu perusahaan. Ini adalah representasi logis atau peta komponen bisnis atau “blok bangunan” dan dapat digambarkan pada satu halaman. Hal ini dapat digunakan untuk menganalisis keselarasan strategi perusahaan dengan kemampuan organisasi dan investasi , mengidentifikasi kemampuan bisnis berlebihan atau tumpang tindih, dll

Meskipun Webvan gagal dalam tujuannya untuk disintermediating yang Amerika Utarasupermarket industri, jaringan supermarket beberapa (seperti Safeway Inc ) telah meluncurkan layanan mereka sendiri pengiriman untuk menargetkan ceruk pasar yang Webvan melayani.

Industrialisasi model bisnis jasa
Bisnis model yang digunakan dalam manajemen strategis dan pemasaran jasa yang memperlakukan penyediaan layanan sebagai proses industri, tunduk pada prosedur optimasi industri
Model Bisnis kanvas
Dikembangkan oleh A. Osterwalder, Yves Pigneur, Alan Smith, dan 470 praktisi dari 45 negara, kanvas model bisnis adalah salah satu kerangka kerja yang paling sering digunakan untuk menggambarkan unsur-unsur dari model bisnis.
Konsep Terkait

Proses desain model bisnis merupakan bagian dari strategi bisnis . Penerapan model bisnis perusahaan ke dalam struktur organisasi (organigrams misalnya, alur kerja , sumber daya manusia) dan sistem (arsitektur informasi teknologi misalnya, lini produksi) merupakan bagian dari perusahaanoperasi bisnis .

Adalah penting untuk memahami bahwa model bisnis yang umumnya mengacu pada desain proses bisnis di tingkat operasional, sedangkan model bisnis dan desain model bisnis mengacu mendefinisikan logika bisnis perusahaan pada tingkat strategis. [ rujukan? ]

The brand merupakan konsekuensi dari dan memiliki hubungan simbiosis dengan model bisnis sejak model bisnis menentukan janji merek dan ekuitas merek menjadi fitur model. Mengelola ini adalah tugas pemasaran terpadu .

Terminologi standar dan contoh model bisnis tidak berlaku untuk sebagian besar organisasi nirlaba , karena sumber pendapatan mereka umumnya tidak sama dengan penerima manfaat. Model pendanaan jangka umumnya digunakan sebagai gantinya.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: